Monday, December 12, 2005

Cloning, Tuhan dan Hindu

gambar diambil dari http://www.bioscinet.bbsrc.ac.uk/images/dolly.jpgSemeton yang berbagia,
Dalam Hindu, tersedia tempat yang seluas-luasnya untuk siapa dan apa saja. Ada tempat yang nyaman untuk orang biasa seperti saya, untuk seorang yang dengan kepasrahan hati berserah kepada Tuhan, untuk seorang yang tidak peduli, seorang yang percaya, seorang yang tidak percaya bahkan bagi seorang Atheis sekalipun Hindu adalah tempat yang tidak terlalu buruk. (disarikan secara bebas dari "Am I a Hindu?" by Visvanathan). "Kebebasan" inilah yang kira-kira membuat saya nyaman menjadi seorang Hindu.

Tentang Tuhan dan Manusia, saya menganggapnya 'sederhana' saja. Tuhan dengan atau tanpa dipercaya oleh siapapun, tetap demikian adanya. Saya meyakini ada hukum maha sempurna yang telah diciptakanNya dan sekarang hukum itulah yang bekerja tanpa pengecualian. Tidak ada yang lepas dari situ, termasuk Tuhan sendiri pun, sekali lagi menurut saya, tidak akan melanggar hukum itu.

Cloning, dalam pendapat saya yang sederhana, adalah dalam kuasa Tuhan itu sendiri melalui tangan-tangan kecil manusia. Seperti halnya kisah popular tentang seorang religius yang hampir tenggelam dan menolak pertolongan TIM SAR karena yakin Tuhan akan menolongnya. Mengejutkan baginya, Tuhan "tidak datang" padanya hingga dia mati tenggelam.

Dalam sebuah pengadilan Tuhan, diprotesnya mengapa Tuhan tidak datang padahal dia orang yang religius. Tuhan dengan bahasa gaul menjawab "Ah elu sih, gua kan sudah kirimin TIM SAR tadi buat nolongin. Elu-nya aja yang kagak mau!" Intinya, tidak ada kejadian yang berada di luar kuasa hukum Tuhan.

Tuhan, dengan hukumnya yang maha sempurna, tidak datang dengan wujud fisik (apalagi untuk saya yang masih penuh debu dan nista) untuk menunjukkan keberadaanNya. Seperti halnya dalam tempayan berair jernih, di situlah bayangan bulan tampak sempurna. (diadaptasi dari Wayang Cenk Blonk, "Katundung Ngada")

Tanpa menjadi seorang yang mudah menyerah pada keadaan, saya menempatkan Tuhan dalam setiap proses kecil yang tampak maupun tidak tampak.

Email dalam diskusi tentang Cloning dan Tuhan di milis kmhd gaul. Gambar domba diambil dari http://www.bioscinet.bbsrc.ac.uk/images/dolly.jpg

1 Comments:

At 2:18 AM, Anonymous Anonymous said...

wartshare, clomid online buignicamic, [url=http://www.webjam.com/clomidonline]buy clomid[/url] Ancedgync
23

 

Post a Comment

<< Home